Kamis, 25 Juli 2019

Gerak Lurus

rumus gerak lurus - materi gerak lurus kinematika

Gambaran Umum Materi

Pengertian gerak lurus (GL) adalah merupakan gerak dengan lintasan lurus. Ciri khas materi gerak lurus adalah nilai dari besaran vektor pada contoh gerak lurus sama dengan besaran skalarnya. Besar perpindahan sama dengan jarak tempuhnya, kecepatan sama dengan kelajuannya dan percepatan sama dengan perlajuannya. Gerak dengan lintasan lurus adalah salah satu jenis gerak yang mudah untuk dianalisis dibandingkan jenis gerak yang lainnya. Ada dua jenis gerak arah lurus, yaitu GL Beraturan dan GL Berubah Beraturan.
Gerak lurus beraturan (GLB) merupakan gerak dengan lintasan lurus dan kecepatan konstan. Tidak ada perubahan kecepatan pada gerak ini. Hal inilah yang membuat contoh gerak lurus beraturan lebih mudah dianalisis daripada jenis gerak yang lain. Kecepatan konstan berarti bahwa jarak yang ditempuh tiap satuan waktu adalah konstan. Jika kecepatan suatu benda yang bergerak lurus beraturan adalah 1 m/s, maka tiap detik jarak yang ditempuh adalah sebesar 1 m.
Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah GL dengan kecepatan yang berubah-ubah secara teratur. Perubahan teratur yang dimaksud adalah besar perubahan kecepatan tiap detik atau percepatannya tetap. Misalkan mobil dipercepat dengan percepatan 1 m/s/s maka setiap detik kecepatan mobil bertambah 1 m/s.
GLBB dapat dibedakan menjadi dua, yaitu GLBB dipercepat dan GLBB diperlambat. Jika kecepatan benda bertambah setipadetik maka ini disebut sebagai GLBB dipercepat. Jika kecepatan benda berkurang setiap detik maka ini disebut sebagai GLBB diperlambat.
Pada kinematika gerak lurus besaran yang mengakibatkan kecepatannya bertambah secara teratur disebut dengan percepatan. Sedangkan besaran yang mnegakibatkan kecepatannya berkurang disebut dengan perlambatan.  Sebenarnya dua besaran ini adalah besaran yang sama. karena dimensinya juga sama. Perlambatan disebut juga sebagai percepatan yang arahnya berlawanan dengan arah gerak.
Pada bagian ini akan dipelajari tentang besaran-besaran gerak, dari perpindahan, jarak, kecepatan, kelajuan, percepatan dan perlajuan. Karena pada rumus gerak lurus besaran vektornya sama dengan besaran skalarnya, maka istilah yang digunakan di latihan soalnya kadang tidak dibedakan lagi antara besaran vektor dengan besaran skalarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dampak Penggunaan Zat Adiktif Bagi Kesehatan

DAMPAK PENGGUNAAN ZAT  ADIKTIF BAGI KESEHATAN  Zat adiktif adalah istilah untuk zat-zat yang pemakaiannya dapat menimbulkan kete...