Kamis, 25 Juli 2019

Otot


Tubuh manusia memiliki 650 jenis otot berbeda yang masing-masingnya terdiri oleh jaringan otot yang juga berbeda-beda. Ada tiga jaringan utama otot yaitu otot kerangka, otot halus, dan otot jantung. Semua otot ini dapat meregang dan berkontraksi, tetapi mereka punya fungsi berbeda-beda. Apa saja fungsinya?

Tiga jenis jaringan otot dalam tubuh manusia

Umumnya ada dua kategori jenis jaringan otot, volunter dan involunter. Otot volunter adalah jaringan otot yang bekerja di bawah pengaruh kesadaran, karena geraknya tersambung oleh saraf otak. Anda akan tahu mana saja yang termasuk otot volunter jika Anda bisa tahu dan memerintahkan bagian tubuh tersebut untuk bergerak dan berhenti saat ini juga. Misalnya otot kaki untuk menendang atau berjalan dan otot tangan untuk mengetik.
Sementara otot involunter adalah otot yang bekerja di luar pengaruh kesadaran. Anda tidak akan pernah menyadari gerak otot involunter, serta juga tidak pernah bisa memerintahkannya untuk mulai atau berhenti bergerak. Ini karena geraknya dipengaruhi oleh saraf otonom tubuh.

1. Otot rangka (skeletal muscle)

Otot rangka adalah jaringan otot volenter. Otot rangka secara sadar menciptakan dan mengendalikan respon yang dikirim oleh sel-sel saraf. 
Gerakan fisik yang Anda lakukan seperti menulis, mengetik, bicara, hingga berjalan, sejatinya membutuhkan kerja otot rangka.
Rangka akan bergerak ketika otot rangka yang menempel pada tulang berkontraksi. Biasanya jaringan ototrangka ada  di dua tulang sepanjang persendian tubuh. Maka itu, otot-otot yang berdekatan satu sama lain ini dapat berfungsi menggerakkan bagian-bagian tulang.
Sel otot rangka sama dengan sel otot jantung yaitu memiliki lurik (motif garis) apabila dilihat secara mikroskopis. Namun, sel otot rangka berbentuk silindris bercabang dan memiliki inti sel banyak di setiap jaringannya.

2. Otot jantung (cardiac muscle)

Jaringan otot jantung termasuk jaringan otot involunter alias bekerja otomatis setiap saat tanpa perlu Anda perintahkan secara sadar. Otot jantung berfungsi untuk membuat jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Otot jantung dibantu oleh hormon dan sinyal otak untuk menyesuaikan kontraksi otot jantung.
Umumnya jantung berdetak sekitar 100.000 kali per hari, 36 juta kali per tahun, dan sekitar 2,5 miliar kali selama satu kali seorang hidup.
Jaringan otot jantung memiliki wujud garis-garis atau lurik yang berwarna terang dan gelap. Terang dan gelapnya jaringan otot ini dipengaruhi oleh susunan serat protein di dalam tubuh. Sel otot jantung berbentuk silindris memanjang, dengan satu inti sel di tengah. Jaringan otot seperti ini hanya ditemukan di jantung saja.

3. Otot halus (smooth muscle)

otot halus
Jaringan otot halus letaknya ada di seluruh tubuh. Anda bisa menemukannya di dinding organ berlubang seperti:
  • saluran pencernaan
  • sistem reproduksi
  • saluran tabung seperti pembuluh darah
  • saluran udara
  • lokasi lain, misalnya di bagian dalam mata.
Mengapa jaringan ini dinamakan otot halus? Ini karena otot halus bentuknya tidak berlurik atau bergaris-garis seperti otot jantung dan otot rangka apabila dilihat di mikroskop.
Sama dengan otot jantung, jaringan otot polos bekerja secara tidak sadar atau di bawah kendali.  Otot halus kadang-kadang juga dikenal sebagai otot visceral, karena otot ini merupakan otot yang banyak terdapat di organ (visceral) dalam Anda.
Sel otot polos berbentuk gelendong dan memiliki satu inti sel di tengah. Otot polos berkontraksi secara perlahan dan berirama.

Apa saja fungsi otot tubuh?

1. Untuk bergerak

Bergerak pada dasarnya dikerjakan oleh otot rangka. Jaringan otot rangka melekat pada tulang dan sebagian lagi dikendalikan oleh sistem saraf pusat (SSP)
Otot rangka ini, nantinya akan bergerak mengikuti kapanpun tubuh Anda bergerak. Otot rangka ikut bergerak bersamaan dengan tulang dan tendon.

2. Untuk bernapas

Otot diafragma adalah otot utama yang bekerja saat Anda bernapas. Otot diafragma kemungkinan butuh bantuan dari otot lain apabila tubuh Anda sedang melakukan napas yang berat, contohnya seperti saat berolahraga. Kemungkinan saat napas berat, otot diafragma akan dibantu beberapa otot termasuk otot perut, leher, dan punggung.

2. Untuk mencerna makanan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa sistem pencernaan Anda dikendalikan oleh jaringan otot halus. Bagian mana saja yang dikendalikan oleh otot halus?
  • mulut
  • kerongkongan
  • perut
  • usus kecil dan besar
  • anus
Tidak lupa juga bahwa sistem pencernaan  termasuk organ hati, pankreas, dan kantong empedu. Otot polos Anda akan berkontraksi dan mencoba untuk rileks saat makanan melewati pencernaan. Otot halus ini juga membantu mendorong makanan keluar dari tubuh Anda melalui buang air besar, atau muntah ketika Anda sakit.

3. Untuk kencing

Otot halus punya banyak fungsinya untuk tubuh, antara lain untuk mengatur sistem pembuangan air kecil. Apa saja yang dikendalikan oleh otot halus?
  • ginjal
  • kandung kemih
  • ureter
  • pekencingan
  • penis atau vagina
  • prostat
Anda bisa buang air kecil ketika otot halus mengencang, sedangkan saat otot halus rileks Anda bisa menahan kencing.

4. Untuk membentuk postur tubuh

Selain untuk membuat gerakan-gerakan, otot rangka juga berfungsi mengendalikan postur tubuh. Diperlukan keseimbangan untuk membentuk postur tubuh yang bagus. Bagian berikut ini diatur oleh otot rangka agar postur tubuh Anda sempurna:
  • Bahu
  • tulang belakang
  • Pinggul
  • Lutut
Otot-otot leher yang kaku, otot-otot punggung yang lemah, atau otot-otot pinggul yang kencang dapat menghilangkan keseimbangan tubuh Anda. Postur badan yang buruk dapat membuat Anda berisiko mengalami nyeri otot dan sendi.

5. Untuk melihat

Siapa sangka bahwa untuk menggerak-gerakkan mata dan untuk melihat dibutuhkan bantuan besar dari otot rangka?
Ya, soket mata manusia terdiri dari enam otot rangka yang membantu Anda menggerakkan mata. Dan otot-otot internal mata kerjanya dibantu oleh otot-otot halus. Semua otot ini bekerja bersama untuk membantu Anda melihat. Jika Anda merusak otot-otot ini, kemungkinan penglihatan Anda bisa ikut rusak juga.

sumber : https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/fungsi-dan-jenis-jaringan-otot-manusia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dampak Penggunaan Zat Adiktif Bagi Kesehatan

DAMPAK PENGGUNAAN ZAT  ADIKTIF BAGI KESEHATAN  Zat adiktif adalah istilah untuk zat-zat yang pemakaiannya dapat menimbulkan kete...